Chemical Oxygen Demand (COD)

Chemical Oxygen Demand (COD) adalah pengukuran oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan organik terlarut dan partikulat di dalam air.

Pada umumnya untuk analisis COD menggunakan Metode 410.4. Metode ini melibatkan penggunaan kimia pengoksidasi kuat, kalium dikromat Cr2O72-, untuk mengoksidasi bahan organik dalam larutan karbon dioksida dan air dalam kondisi asam. Seringkali, pengujian juga melibatkan senyawa perak untuk mendorong oksidasi senyawa organik dan merkuri tertentu untuk mengurangi interferensi dari oksidasi ion klorida. Sampel kemudian dicerna selama kurang lebih 2 jam pada 150°C. Jumlah oksigen yang dibutuhkan dihitung dari jumlah oksidan kimia yang dikonsumsi.

Chemical Oxygen Demand (COD) juga sangat penting dalam menentukan parameter kualitas air. karena serupa dengan BOD, memberikan indeks untuk menilai dampak limbah cair yang dibuang pada lingkungan penerima. Tingkat COD yang lebih tinggi berarti sejumlah besar bahan organik yang dapat teroksidasi dalam sampel, yang akan mengurangi tingkat oksigen terlarut (DO). Pengurangan DO dapat menyebabkan kondisi anaerobik, yang merusak bentuk kehidupan air yang lebih tinggi. Tes COD sering digunakan sebagai pengganti BOD karena waktu pengujian yang lebih pendek.