Biochemical Oxygen Demand (BOD)

Metode yang paling umum disetujui untuk penentuan Biochemical Oxygen Demand (BOD) adalah Metode Standar 5210B. Sampel pertama dianalisis dan dikondisikan untuk memastikan kondisi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan, yang dapat mencakup penyesuaian pH, netralisasi residu chlorine, dan pengurangan Dissolved Oxygen (DO) dalam sampel jenuh. Sampel kemudian diencerkan dan jumlah bakteri benih yang sesuai ditambahkan. Kandungan oksigen terlarut awal dicatat dan sampel kemudian diinkubasi selama 5 hari pada suhu 20 ° C. Setelah periode 5 hari, sampel dikeluarkan dari inkubator dan pembacaan oksigen terlarut akhir diambil. BOD dihitung dari deplesi DO dan volume sampel yang digunakan mengikuti rumus di bawah ini:

BOD5 = BOD mg/L = [(IDO -DO5) – seed correction] x dilution factor

Biochemical Oxygen Demand (BOD) adalah parameter kualitas air yang penting karena memberikan indeks untuk menilai dampak limbah cair yang dibuang pada lingkungan penerima. Semakin tinggi nilai BOD, semakin besar jumlah bahan organik atau "makanan" yang tersedia untuk bakteri pengonsumsi oksigen. Jika tingkat konsumsi DO oleh bakteri melebihi pasokan DO dari tanaman air, fotosintesis alga atau menyebar dari udara, kondisi yang tidak menguntungkan terjadi. Deplesi DO menyebabkan stres pada organisme air, membuat lingkungan tidak cocok untuk kehidupan. Selanjutnya, deplesi dramatis dapat menyebabkan lingkungan hipoksia atau anoksik. BOD juga digunakan secara ekstensif untuk pengolahan air limbah, karena penguraian limbah organik oleh mikroorganisme biasanya digunakan untuk perawatan.

Peraturan untuk parameter BOD bervariasi merujuk Peratuiran PEMDA/ PEMKOT setempat. Secara umum konsentrasi maksimum yang diijinkan untuk pembuangan air limbah lingkungan langsung turun sekitar 10 mg/L BOD dan konsentrasi maksimum yang diijinkan untuk dibuang ke sistem saluran pembuangan sekitar 300 mg/L BOD.